Jumat, 12 April 2013

Ubuntu Distro Linux Terbaik untuk Anda


ubuntu distro linux
Linux Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai Perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
The Promise of Ubuntu
  • Ubuntu akan selalu bebas biaya, bersama dengan perusahaan reguler rilis dan update keamanan.
  • Ubuntu dengan dukungan komersial penuh dari Canonical dan ratusan perusahaan dari seluruh dunia.
  • Ubuntu menyediakan terjemahan terbaik dan fitur aksesibilitas yang komunitas perangkat lunak bebas yang ditawarkan.
  • Aplikasi inti Ubuntu semua gratis dan open source. Kami ingin Anda menggunakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, memperbaikinya, dan menyebarkannya.    
Sejarah singkat Ubuntu

logo ubuntu
         Ubuntu digagas pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth, Pengusaha sukses dari  Afrika Selatan, dan perusahaannya Canonical. Canonical adalah perusahaan yang menyediakan keuangan dan dukungan teknis untuk Ubuntu. memiliki karyawan di seluruh dunia yang bekerja pada pengembangan dan peningkatan operasi sistem. Shuttleworth mengakui kekuatan Linux dan open source, tetapi juga menyadari kelemahannya.
       Shuttleworth berangkat dengan niat yang jelas untuk mengatasi kelemahan dan menciptakan sebuah sistem yang mudah digunakan, benar-benar gratis, dan bisa bersaing dengan sistem operasi utama lainnya. Dengan sistem Debian sebagai dasar, Shuttleworth mulai membangun Ubuntu. Menggunakan dana sendiri pada awalnya, CDS instalasi yang ditekan dan dikirim di seluruh dunia tanpa biaya kepada penerima. Ubuntu menyebar dengan cepat, masyarakat yang tumbuh dengan cepat, dan segera Ubuntu menjadi distribusi Linux yang paling populer yang tersedia.
         Dengan lebih banyak orang bekerja pada proyek daripada sebelumnya, fitur    inti      dan dukungan hardware terus membaik, dan Ubuntu telah memperoleh perhatian organisasi besar di seluruh dunia. Salah satu open source IBM sistem operasi didasarkan pada Ubuntu. Pada tahun 2005, Kepolisian Perancis mulai transisi infrastruktur seluruh komputer mereka untuk varian dari Ubuntu sebuah proses yang telah dilaporkan menyelamatkan mereka "jutaan euro" dalam perizinan biaya untuk Microsoft Windows. Pada akhir 2012, Kepolisian Perancis mengantisipasi bahwa semua komputer mereka akan menjalankan Ubuntu. Canonical memperoleh  keuntungan dari pengaturan ini dengan menyediakan dukungan teknis dan custom-built software. Walaupun berbagai organisasi besar sering merasa berguna untuk membayar dukungan layanan. Shuttleworth telah berjanji bahwa desktop Ubuntu sistem operasi akan selalu gratis. Pada 2012, Ubuntu diinstal pada% 2 estimasi dunia komputer. Ini setara dengan puluhan juta pengguna di seluruh dunia, dan tumbuh setiap tahun. Karena tidak ada pendaftaran wajib, persentase pengguna Ubuntu harus diperlakukan sebagai sebuah perkiraan. 
Apakah Ubuntu tepat bagi Anda? 
Sebelum Anda memutuskan apakah Ubuntu yang tepat bagi Anda atau tidak , kami sarankan memberikan anda  diri Anda beberapa waktu untuk terbiasa dengan cara  dan hal-hal yang dilakukan di Ubuntu. Anda harus berharap untuk menemukan bahwa beberapa hal yang berbeda dari apa yang Anda gunakan pada sistem operasi lainnya. Kami juga menyarankan agar anda memperhatikan hal-hal berikut agar anda dapat lebih yakin bahwa ubuntu tepat untuk anda :
  • Ubuntu berbasis komunitas. yaitu, Ubuntu dikembangkan, tertulis, dan dikelola oleh komunitas. Karena itu, dukungan mungkin tidak tersedia di toko komputer lokal Anda. Untungnya, Ubuntu komunitas di sini untuk membantu. ada banyak artikel, panduan, dan manual tersedia, serta pengguna di berbagai forum internet dan Internet Relay Chat (IRC) yang bersedia untuk membantu pemula.

  • Banyak aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows atau Mac OS X tidak akan berjalan pada Ubuntu. Untuk sebagian besar tugas-tugas komputasi sehari-hari, Anda akan menemukan aplikasi alternatif yang sesuai tersedia di Ubuntu. Namun, aplikasi profesional banyak (seperti Adobe Creative Suite) yang tidak dikembangkan untuk bekerja dengan Ubuntu. Jika Anda mengandalkan perangkat lunak komersial yang tidak kompatibel dengan Ubuntu, namun masih ingin memberikan mencoba Ubuntu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan dual-boot. Atau, beberapa aplikasi  dikembangkan untuk Windows akan bekerja di Ubuntu dengan sebuah program yang disebut Wine. Untuk informasi lebih lanjut tentang Wine, kunjungi http://www.winehq.org.

  • Banyak game komersial tidak akan berjalan pada Ubuntu. Jika Anda seorang gamer berat, maka Ubuntu mungkin tidak sesuai untuk Anda. Pengembang game biasanya desain game untuk pasar terbesar. Karena pangsa pasar Ubuntu adalah tidak substansial seperti Microsoft Windows atau Apple Mac OS X, pengembang game lebih sedikit mengalokasikan sumber daya menuju membuat permainan mereka kompatibel dengan Linux. jika Anda hanya menikmati permainan setiap sekarang dan kemudian, ada kualitas tinggi banyak permainan yang dapat dengan mudah diinstal melalui Ubuntu Software Center.
Fitur Linux Ubuntu 

        Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas. Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.

      Desktop Ubuntu memakai desktop environment graphis. Sebelum Ubuntu 11.04 interaksi grafis pengguna adalah GNOME Panel, namun setelah versi 11.04, berubah menjadi Unity. Unity adalah interface yang dikembangkan oleh Canonical yang awalnya dirancang untuk edisi Netbook. Ubuntu terinstall dengan banyak software multiguna diantaranya :
  • Perangkat dokumen
    • LibreOffice
    • OpenOffice (sebelum 11.04)
  • Peramban
    • Mozilla Firefox
    • Konqueror (pada K-ubuntu)
  • E-Mail browser
    • Mozilla Thunderbird
    • Evolution (sebelum Ubuntu 11.10)
  • Game-game ringan
    • Sudoku
    • Chess
    • mines
dan beberapa software juga termasuk ke dalam CD installasi sebelum Ubuntu 11.04 sepert Transmision, GIMP. Namun software tersebut dihilangkan dari CD installasi karena ukurannya yang besar. Ubuntu juga dapat menjalankan program Windows lewat Wine atau Virtual Machine (seperti VMware workstation atau Virtual Box). Ubuntu, tidak seperti Debian, mengompile paket mereka menggunakan fitur gcc seperti PIE dan proteksi Buffer Overflow untuk memproteksi software mereka. Fitur Ekstra tersebut menambah keamanan secara signifikan dengan pemakaian performance hanya 1% pada 32 bit dan 0,01% pada 64 bit

Minimum System Requirements.

Versi Desktop Ubuntu sekarang mendukung x86 32 bit dan 64 bit. Dukungan tidak resmi juga tersedia untuk PowerPC, IA-64 (Itanium), Playstation 3 (Namun Sony telah mencabut dukungan untuk OtherOS lain pada 1 April 2011), dan beberapa handphone. GPU yang didukung diperlukan untuk menjalankan efek visual seperti Unity Shell. Dalam kasus GPU yang tidak memadai, Unity dapat direduksi menjadi Unity 2D yang membutuhkan hardware yang lebih rendah.
  • 1 GHz prosesor x86 (Pentium 4 atau lebih baik)
  • 1 GB memori sistem (RAM)
  • 5 GB ruang disk (setidaknya 15 GB dianjurkan)
  • Dukungan resolusi Video 1024 x 768 Pixel
  • Dukungan Audio
  • Koneksi Internet (sangat dianjurkan, tetapi bukan jadi prioritas)

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes